Tuesday, November 16, 2010

Tips Bagaimana Mencari Uang Lewat Fotografi?

Suatu ketika mestinya muncul di benak kita : bagaimana ya caranya agar hobi fotografi ini bisa menghasilkan uang / pemasukan? Walaupun penghasilannya setidaknya cukup untuk membeli lensa, aksesoris tambahan, atau bahkan upgrade kamera . Kemudian berkembang menjadi penghasilan sehari-hari dengan jumlah penghasilan yang lebih besar lagi? Mari kita bahas beberapa caranya :

Bisnis Pemotretan
Yang ini kayaknya membutuhkan keseriusan tapi hasilnya menjanjikan. Malah, bisa-bisa alih profesi menjadi fotografer professional. Apa yang bisa dipotret? Prewedding , wedding , photo close-up , company profile dan masih sangat banyak lagi. Ini bisnis fotografi sebenarnya . Mulailah dengan membangun sebuah portofolio yang bagus dan jangan lupakan jaringan bisnis.


Stock Photography
Apa itu? Simplenya , kita jualan foto kita di internet dengan harga yang murah meriah . Walaupun untungnya hanya sedikit misalnya 1$, tapi kalau yg download / beli image-nya 10000 orang?.  Padahal modalnya hanya sebuah komputer atau laptop kemudian internet sehingga kita cukup mengupload foto serta harus mempunyai cukup kemampuan membuat foto yang baik dan dibutuhkan oleh orang banyak.
Beberapa website yang memfasilitasi : iStockPhoto, stock.xchng, dan getty images
dan salah satu yang berasal dari Indonesia yaitu ayofoto.com



Lomba-Lomba Fotografi
Persaingannya lebih sulit lagim. Harus sudah mempunyai foto-foto yang berkualitas bagus untuk diperlombakan. Lomba-lomba fotografi sering diadakan baik di dalam maupun luar negeri. Tapi harap waspada, beberapa lomba terkadang mempunyai aturan yang tidak berpihak ke fotografer. Terkadang malah seperti mencari foto bagus dengan harga murah. Perhatikan lagi aturan-aturan dalam berlomba.

Contoh Lomba Fotografi


Membuat Buku Fotografi
Buku belajar fotografi, tips and trik dan sejenisnya. Kenapa tidak dicoba saja? Setahu saya buku fotografi di Indonesia masih sedikit dan terkadang banyak yang kurang lengkap. Sedangkan di luar negeri lumayan populer. Buku yang isinya foto-foto dengan sedikit deskripsi, lebih menonjolkan artistik / karya dari fotografernya. Kenapa tidak kita mulai dengan membuat buku tentang keindahan alam Indonesia? Tentang flora dan fauna Indonesia?

Contoh Buku Fotografi


Kursus Fotografi / e-Book
Jika anda sudah mahir bisa saja anda membagi ilmunya. Kenapa tidak buka kursus privat untuk fotografi? Saya tahu ada beberapa yang pernah menawarkan kursus privat semacam ini di forum-forum. Ada yang tentang basic fotografi , ada yang membahas fotografi makro saja. Ternyata banyak peminatnya.
Kalo e-Book saya tahu satu contohnya yaitu fotoindah.com. Selain dapat e-book, anda dapat juga konsultasi gratis.



Foto tour
Maksudnya semacam agen travel ke daerah wisata tertentu tapi lebih menekankan ke kegiatan-kegiatan fotografi. Memotret sunrise subuh-subuh dan sunset menjelang petang. Dan pemandunya juga harus tahu spot-spot yang menarik untuk dipotret. Kenapa yang seperti ini jarang di Indonesia ya? Contoh dari Indonesia yaitu BelitungIsland.com. Di iklan majalah luar negeri saya sering baca : ada tour fotografi ke Afrika, ke bagian negara US pada waktu-waktu tertentu. Seperti mereka mempromosikan keindahan daerahnya.

Blogging
Mulai blogging tentang fotografi , sesuatu hal yang kita sukai bersama. Tentunya tidak sulit kan. Share tips dan trik dalam berfotografi dan tunggu incoming traffic yang masuk. Ah masa sih bisa sukses? tentu saja bisa contohnya blog bikinan Darren Rowse yang membahas fotografi. Trafiknya sangat ramai dan rangking-nya selalu #1 di Google. Jangan salah, pemasukannya bisa lebih besar dari fotografer professional



Dagang
Berdagang mulai dari aksesoris fotografi , kaos fotografi sampai jasa edit dan sebagainya. Tentunya anda pasti sudah tau

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...